Sekilas Apelable



Apelable adalah sebuah game project dari mahasiswa Prodi Teknologi Game, PENS 2014.
Blog ini difungsikan sebagai sarana presentasi selama proses pembuatan game. Diantaranya akan berisi Latar belakang game, Story game, Preview gameplay, Tahap-tahap pembuatan asset maupun pemrograman, pembelajaran selama proses, dan terakhir hasil final berupa game jadi berjudul Apelable.

Senin, 29 Juni 2015

Game Event Sheet IV: Game Play

           
 Preparation, berisi sistem persiapan awal game. Terdapat value 0-2, merupakan value untuk menset tempat jatuhnya apel, apel akan jatu dari 3 tempat berbeda yang disetting sesuai value ini. Membuat objek keranjang di layer 2 dengan koordinat x yang sama dengan value sebelumnya. Memunculkan efek gravitasi, environment, control dan tombol Pause.
Timer, mensetting timer sehingga akan berkurang 1 setiap 1 detik.


Spawning Coordinate, sistem untuk menjatuhkan apel dengan titik koordinat x sesuai dengan ke-3 value tadi, dalam waktu yang acak.
Gravity Acceleration, untuk mensetting gravitasi apel yang jatuh.


Control, berisi sistem yang akan terjadi apabila input dilakukan. Apel+Obstacle membuat Apel yang jatuh akan jatuh lebih cepat apabila di klik atau disentuh. Keranjang saat ditekan “Z” keranjang akan membuka atau menutup, begitu juga jika di klik atau disentuh. Terdapat variabel buka yang akan mengatur apel akan masuk skor jika keranjang dalam status terbuka dan sebaliknya. Pada keranjang 2 dan 3 juga terdapat event yang sama hanya saja key nya berbeda, yaitu keranjang 2 key “X”, dan keranjang 3 key “C”.


Collision, sistem yang mengatur kondisi apabila terjadi collision/tumbukan. Yaitu jika keranjang menyentuh apel combo score bertambah, jika menyentuh apelobstacle (busuk) health berkurang 10 dan combo mereset ke 1. Dan begitu kebalikanya apabila apel dan apelobstacle menyentuh tanah.
Heads Up Display, sistem yang menampilkan score, health point, combo, dan timer.

Pause Button, berisi sistem untuk menonaktifkan semua fitur yang ada pada game play.

Menu Button, berisi sistem untuk mengaktifkan menu pop-up saat pause. Yaitu Restart, Main Menu, dan Sound.

Menu Condition, berisi sistem untuk mengatur kondisi eksternal atau tampilan game saat pause. Seperti Layer Menu pop-up menjadi terlihat, fungsinya aktif, warna game play ber opacity 50, dll.

Finish Condition, untuk menonaktifkan segala sistem yang sebelumnya diaktifkan pada layout ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar